25 Mei 2017

Ribuan Obor Penyambut Ramadhan

By Admin Web In Budaya
image

Anak-anak di Daik begitu antusias ikuti pawai obor menyambut bulan suci Ramadhan. (foto: hasan)

Ribuan Obor Penyambut Ramadhan

Ribuan warga kelurahan Daik, kecamatan Lingga turun ke jalan. Mereka berkumpul bersuka cita menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan yang jatuh pada 27 Mei 2017 mendatang. Kegembiraan itu diungkapkan lewat pawai obor yang menyedot antusiasme masyarakat.

Mulai dari siswa sekolah dasar, menengah, atas, pesantren, warga RT dan RW, organisasi pemuda hingga majlis taklim sekelurahan Daik ikut ambil bagian. Kemudian berkeliling kota Daik dengan berjalan kaki.

“Antusiasme masyarakat luar biasa. Semua masyarakat dilibatkan. Semuanya swadaya. Bukan dari kegiatan dan anggaran pemerintah,” ungkap Lurah Daik lulusan IPDN Jufri, Rabu (25/5) malam kemarin.

Begitu juga untuk konsumsi peserta pawai dilapangan. Seluruhnya disiapkan oleh masyarakat secara bersama lewat RT masing-masing. Rasa kebersamaan menjadi inti dari kegiatan pawai obor.

image

Masyarakat kelurahan Daik meramaikan kegiatan Pawai Obor. (foto: lazuardy)

 

“Tradisi seperti ini sudah cukup lama hilang. Dulu waktu masih dibangku sekolah dasar, saat hari-hari besar pasti disambut meriah. Seperti peringatan hari kemerdekaan. Kami ingin mengembalikan momentum itu lagi lewat kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan,” tegas Jufri.

Ditempat yang sama, pemerhati sejarah dan budaya melayu, Lazuardi menambahkan pawai obor yang berlagsung juga menjadi edukasi bagi anak-anak dalam memuliakan bulan Ramadhan. Menyambutnya dengan suka cita.

“Disini juga silaturahmi itu terjalin dan terjaga dengan baik. Mengajarkan budak-budak (anak-anak red) melayu untuk mengenal dan faham makna dari datngnya bulan suci Ramadhan,” jelasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry

Komentar

komentar