15 April 2017

Menjajal Punggung Naga Pendakian Gunung Daik

By Admin Web In Alam
image

Pendaki melewati Punggung Naga track Gunung Daik. (foto: jauzi zulfikar/Kepal)

Menjajal Punggung Naga Pendakian Gunung Daik

Anda yang punya nyali dan adrenalin lebih boleh mencoba menjelajah Gunung Daik. Jalurnya ekstrim. Jarak tempuh 6 hingga 9 jam untuk sampai ke Tungku puncak Lingga. Melewati hutan belantara. Tebing curam. Menyeberangi sungai. Pohong-pohon berbagai jenis yang menjunjung tinggi lurus ke langit. Banyak juga berukuran besar seperti Kapur yang langka.

Salah satu titik pendakian paling ekstim tracking Gunung Daik dikenal dengan nama Punggung Naga. Ada juga pendaki yang menjuliki track ini dengan sebutanan Tanjakan Setan. Jalur paling ekstrim untuk mencapai Tungku Gunung Daik.

image

Mauran dan Jauzi anggota Kepal melintasi Punggung Naga. (foto: mauran)

Disebut Punggung Naga karena, panjangnya lebih kurang 160 Meter. Sedang lebarnya hanya 1 Meter. Pendaki harus melawati track ini yang kiri dan kanannya adalah jurang dengan kedalaman lebih 500 Meter. Harus ekstra hati-hati karena minim sekali pengaman. Jalur ini terletak antara Pos 2 dan Pos 3.

image

Puncak Daik dari sela-sela pohon. (foto: kepal)

Punggung Naga hanya ditumbuhi resam dan beberapa batang pohon kayu. Jalannya licin saat hujan. Pengaman hanya tali tambang. Gimana Bro, punya nyali coba tracking ini??

 

Foto: Jauzi Zulfikar, Mauran Tarqi, Kepal
Narasi Hasbi Muhammad

 

Komentar

komentar