10 November 2017

Mahmud III, Pahlawan Dari Lingga

By Admin Web In Budaya

Mahmud III, Pahlawan Dari Lingga

Lebih dari seabad lamanya, negeri Lingga hilang dalam bilangan. Nyaris tak berbekas. Seolah tak ada jejak, putus dalam sejarah seiring “diredupkannya” pijar Kerajaan Melayu di Nusantara yang besar.

Tapi hari ini menjadi berbeda. Tanggal, 10 November 2017 menjadi hari sakti, sejarah Melayu itu kembali terangkat. Syukur. Meski perjuangan tak ada yang mudah. Sebuah pengakuan, itu cukup berbekas dan membuat bangga orang Melayu.

Tahniah atas segala kerja tungkus lumus orang-orang hebat dibalik pemberian gelar Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Riayat Syah (SMSR) yang juga dikenal Sultan Mahmud III, Yang Dipertuan Besar Kesultanan Lingga-Riau.

Dilansir detik.com, sesuai dengan Kepres No 115/TK/Tahun 2017, surat keputusan ditandatangani Presiden Jokowi pada 6 November 2017, menetapkan empat nama Pahlawan Nasional baru di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017).

Keempat Pahlawan Nasional baru itu adalah Laksamana Malahayati dari Aceh, Zainuddin Abdul Madjid dari NTB, Mahmud Riayat Syah dari Kepri, dan pendiri HMI Lafran Pane dari Yogyakarta.

Perwakilan ahli waris dari keempat tokoh heroik itu menerima plakat Pahlawan Nasional dari Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11).

Perang Grilia Laut yang menjadi kepiawaian SMSR dalam menjaga wilayahnya, pemikiran yang matang memindahkan pusat pemerintahan ke Daik Lingga serta menyusun strategi hebat, membangun tamadun baru membuat tapak kerajaan yang dibangunnya bertahan lebih dari 114 tahun tersebut di Negeri Daik Darullbirri Wadarussalam.

Tahniah dan Al Fatihah untuk Alm Sultan Mahmud III.

Selamat Hari Pahlawan

Komentar

komentar