Beranda Alam Hutan Lumut Jalur Pendakian Bukit Permata

Hutan Lumut Jalur Pendakian Bukit Permata

99
0
foto; mauran

Hutan Lumut Jalur Pendakian Bukit Permata

Keindahan cipta Yang Kuasa tak ada habisnya. Semuanya telah tersedia indah. Seperti halnya Hutan Lumut di jalur pendakian Bukit Permata yang hijau dan menyejukkan mata.

Tepatnya di desa kecil Panggak Darat, Gunung Sepincan jajaran Pegunungan Lingga. Track yang memacu adrenalin. Memukau dengan keindahan hutan hujan dan hamparan bongsai Mentigi. Menjamu pecinta petualangan menikmati Hutan Lumut disepanjang perjalanan menuju puncak Bukit Permata.

Beberapa waktu lalu, Anggota Komunitas Pecinta Alam Lingga (KepaL), Mauran Tarqi mengabadikan lebih detail kekayaan tersembunyi disana. Berbagai jenis lumut yang tersebar sepanjang tracking jadi perhatian.

Butuh waktu 3 Jam lebih untuk tiba di jalur ini. Melewati tanjakan dan hutan lebat.

Mulai dari ketinggian 700 Mdpl, suguhan Hutan Lumut yang menempel pada dahan dan batang kayu begitu memukau. Bulir embun dan sesekali dibias cahaya matahari.

“Diketinggian 700 Mdpl sudah bisa melihat Hutan Lumut ini sampai ke puncak. Banyak juga lumut berwarna orange yang menempel ditebing batu,” beber Mauran.

Pada musim tertentu lanjutnya Hutan Lumut akan berubah warna tergantung curah hujan yang turun. Penghujunh tahun lanjut Mauran jadi waktu cukup baik menikmati pemandangan menakjubkan ini.

“Masih banyak lagi sajian dijalur pendakian. Ada Goa Kelelawar, Batu Balai, Bunga Embun Matahari, Bongsai Cucur Atap (Mentigi) yang menghampar luas diatas puncak, aliran Sungai Kembang Menahun dan tentunya panorama diatas. Boleh menyaksikan Sunset dan Sunrise,” jelas Mauran.

Keindahan yang ia temukan di atas menjadi bahan KepaL dan komunitas lain mengeksplor kekayaan alam Lingga. Ia berharap, sajian ini menjadi daya tarik memperkenalkan Lingga lebih luas dan ikut menjaga keasrian untuk keseimbangan alam.

Ingin melihat sajian apalagi dijalur Pendakian Bukit Permata, ayo follow akun IG @encektarqi

Salam lestari

Foto: Mauran
Narasi: Hasbi Muhammad